Boeing E-767


Boeing E - 767 adalah pesawat Airborne Warning and Control System (AWACS) yang dirancang untuk radar pengawasan dan sistem kontrol udara. Eksterior E-767 biasanya dicat abu-abu. Jendela 767 dihilangkan untuk melindungi kru dan peralatan dari transmisi frekuensi radio yang intens dari peralatan radarnya .Sebuah rotodome sekitar 9,14 m dengan diameter dan 1,83 m tebal di tengah dipasang di atas badan pesawat belakang pada dua struts. Rotodome berputar sekitar enam rpm selama operasi dan pada 0,25 rpm untuk melumasi mekanisme rotasi bahkan ketika radar tidak digunakan. Ada banyak antena bilah untuk komunikasi UHF dan VHF di sepanjang garis tengah badan pesawat di bagian atas dan bawah.  Ada antena batang di setiap ujung sayap untuk komunikasi HF. Sebuah fairing di belakang pesawat berisi antena untuk JTIDS. E-767 ditenagai oleh dua mesin turbofan bypass tinggi General Electric CF6-80C2B6FA, masing-masing menghasilkan daya dorong 273,6 kN. Generator listrik 90 kW diganti dengan generator 150 kW untuk memberikan daya ke radar dan peralatan lainnya. Sistem elektronik pada E-767 pada dasarnya sama dengan model E-3 selanjutnya, menggunakan sistem radar array yang dipindai secara elektronik dari Northrop Grumman sebelumnya Westinghouse Electronic Systems AN/APY-2 . Sistem ini adalah radar tiga dimensi yang mengukur azimuth, jangkauan, dan ketinggian secara bersamaan, dan memiliki kemampuan pengawasan yang unggul di atas air dibandingkan dengan sistem AN/APY-1 pada model E-3 sebelumnya. AN/APY-2 adalah radar Pulse-Doppler yang dapat menentukan kecepatan target yang dilacak. Sistem pengawasan ini mencakup radar multi-mode yang fleksibel, yang memungkinkan AWACS untuk memisahkan target maritim dan udara dari pengembalian kekacauan darat dan laut yang membatasi sistem radar modern lainnya. Radarnya memiliki pandangan 360 derajat, dan pada ketinggian operasi dapat mendeteksi target lebih dari 320 kilometer. Peralatan misi AWACS dapat memisahkan, mengelola, dan menampilkan target ini satu per satu pada tampilan situasional. Antena AN/APY-2 dan antena sistem Identification Friend or Foe (IFF) Mk XII ditempatkan di rotodome saling membelakangi. Informasi yang diperoleh oleh sistem radar diproses oleh komputer pusat CC-2E IBM yang sesuai dengan Modifikasi E-3 Blok 30/35 dan dapat ditampilkan pada 14 tampilan di papan. Subsistem utama lainnya di E-767 adalah identifikasi, tautan data taktis, dan navigasi.

  • Kru: Penerbangan: 2 Misi: 8-10
  • Berat kosong: 188.705 lb (85.595 kg)
  • Berat kotor: 284.110 lb (128.870 kg)
  • Berat lepas landas maksimum: 385.000 lb (175.000 kg)
  • Pembangkit Listrik: 2 × General Electric CF6-80C2 turbofan , masing-masing dorong 61.500 lbf (274 kN)
  • Kecepatan maksimum: Mach 0.86
  • Kecepatan jelajah: 851 km/jam
  • Jangkauan: 10.370 km
  • Langit-langit layanan: 40.100 kaki (12.200 m)
  • Daya tahan : 9,25 jam di stasiun pada radius 1.000 mil laut;
    13 jam pada radius 300 mil laut (tidak memiliki kemampuan pengisian bahan bakar di udara).
  • Radar Doppler AN/APY-2 Northrop Grumman

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Doa-doa Kristen Katolik dalam bahasa Latin

Apa yang terjadi jika Jakarta di bom dengan Tsar Bomba?

Apa yang terjadi jika Indonesia memiliki senjata Nuklir?